Cara Membuat Judul Penelitian Yang Baik Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi

Tentukan Topik Penelitian yang Spesifik dan Relevan

- Pilihlah topik yang sangat spesifik dalam bidang pendidikan ekonomi, misalnya "Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep ekonomi mikro".

- Pastikan topik penelitian yang dipilih relevan dan penting bagi bidang pendidikan ekonomi, dan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu dan praktik pendidikan.

Buatlah Pertanyaan Penelitian yang Jelas dan Fokus

- Pertanyaan penelitian harus spesifik, jelas dan fokus pada topik yang dipilih, serta dapat dijawab melalui metode penelitian yang dipilih.

- Contohnya: "Apakah penggunaan media pembelajaran interaktif secara efektif meningkatkan pemahaman siswa pada konsep ekonomi mikro?"

Tentukan Tujuan Penelitian

- Tujuan penelitian harus sesuai dengan pertanyaan penelitian, jelas, dan terukur. 

- Contohnya: "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep ekonomi mikro."

Buatlah Hipotesis

- Hipotesis adalah prediksi awal mengenai hasil penelitian berdasarkan data yang telah ada dan literatur yang relevan.

- Contohnya: "Penggunaan media pembelajaran interaktif secara efektif akan meningkatkan pemahaman siswa pada konsep ekonomi mikro."

Buatlah Judul Penelitian

- Judul penelitian harus singkat, jelas, dan mencerminkan topik penelitian, pertanyaan penelitian, dan tujuan penelitian yang telah ditentukan.

- Contohnya: "Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Ekonomi Mikro melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif: Studi Eksperimen di Sekolah Menengah Atas."

Previous Post
Next Post
Related Posts