Informasi Tentang Pasar Modal

Dalam hal investasi, rata-rata orang lebih mengenal real estate dan emas. Hanya sedikit individu yang menyadari kemungkinan investasi pasar modal. Memang, berinvestasi di pasar saham tidak hanya memberikan kemungkinan untung. Namun, mereka juga aktif berkontribusi dalam perbaikan sistem ekonomi domestik.

Oleh karena itu, bagaimana investasi pasar modal dapat berkontribusi pada perbaikan kondisi ekonomi? Untuk mulai menjawab persoalan ini, perlu dipahami arti pasar modal. Dari sana, Anda akan dapat menghargai signifikansi dan kontribusinya terhadap kesehatan ekonomi suatu negara.

Pengertian dan fungsi pasar modal

Pasar modal dalam pengertian yang paling luas merupakan tempat bertemunya dua pihak yaitu investor dan emiten. Investor berfungsi sebagai orang yang memiliki uang. Sedangkan emiten adalah usaha yang membutuhkan uang dan menjual surat berharga.

Seiring dengan investor dan emiten, pasar modal memiliki sejumlah peserta. Mereka berfungsi sebagai perantara antara investor dan emiten. Ada tiga pihak lagi di bursa, yaitu:

Penjamin Emisi

Kehadiran penjamin emisi di pasar modal sangat penting karena secara bersama-sama bertanggung jawab dengan emiten jika terjadi kegagalan. Penjamin emisi dapat berbentuk bank komersial, bank investasi, atau perusahaan pialang di pasar saham.

Broker atau Peluang

Setiap tindakan yang melibatkan pembelian dan penjualan sekuritas di pasar saham akan mencakup kehadiran pialang atau broker. Peran utama broker adalah bertindak sebagai perantara antara investor dan emiten.

Manajer Investasi

Setelah itu, cari manajer investasi yang ditugaskan untuk mengelola sekuritas nasabah yang telah mempercayakan uangnya kepada mereka.

Pasar modal disebut juga sebagai bursa efek. Ini memiliki berbagai sekuritas yang diperdagangkan setiap hari. Surat-surat berharga tersebut antara lain sebagai berikut:

Saham

Saham adalah sejenis sekuritas yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan dalam suatu bisnis. Dividen atau bagi hasil tersedia bagi investor yang memegang saham dalam bisnis.

Reksadana

Reksa dana adalah entitas keuangan yang bertindak sebagai clearinghouse untuk uang yang dikumpulkan dan dikelola atas nama banyak investor. Manajer investasi kemudian mengelola dana dalam berbagai produk, termasuk pasar uang, obligasi, saham, dan surat berharga lainnya.

Obligasi atau surat utang

Di pasar modal, Anda juga bisa membeli aset berupa obligasi. Kepemilikan instrumen utang yang dapat dialihkan memberikan hak kepada pemegangnya atas bunga dan kewajiban untuk membayar kembali utangnya dalam jangka waktu tertentu.

Exchange Traded Funds (ETFs)

Sekuritas ini sebanding dengan reksa dana karena keduanya disatukan. EFT, di sisi lain, mungkin dipertukarkan di pasar saham seperti ekuitas.

Derivatif

Selain itu, ada sekuritas derivatif. Instrumen ini disebut sebagai bentuk saham derivatif. Di pasar modal Indonesia, ada dua jenis derivatif: waran dan hak.

Berinvestasi di pasar saham memiliki beberapa keuntungan.

Dibandingkan dengan kendaraan investasi alternatif, berinvestasi di pasar saham memberikan lima keuntungan signifikan:

Prosedur penarikan sederhana

Ini sederhana ketika Anda sedang terburu-buru untuk uang. Anda hanya menjual sekuritas yang Anda miliki.

Kemungkinan dengan sumber daya terbatas

Pembelian sekuritas dapat dilakukan dengan uang minimal. Tersedia 100 lembar saham dengan harga kurang dari Rp 100.000. Begitu pula dengan berinvestasi di reksa dana berisiko rendah.

Tingkat keberhasilannya sangat tinggi.

Berinvestasi pada aset pasar modal menghasilkan keuntungan yang relatif signifikan. Misalnya, kepemilikan saham memungkinkan Anda memperoleh keuntungan finansial. Selain itu, Anda dapat memperoleh dividen.

Nilai investasi dapat meningkat di masa depan.

Berinvestasi di pasar saham jauh lebih menguntungkan daripada menabung. Anda dapat memperoleh beberapa keuntungan dari waktu ke waktu – ini disebut sebagai efek majemuk.

Dapat digunakan sebagai sarana perlindungan

Terakhir, Anda dapat menggunakan aset seperti kepemilikan saham sebagai jaminan untuk aplikasi pinjaman. Menurut peraturan perundang-undangan di Indonesia, metode pengajuan hutang dengan jaminan saham adalah kegiatan yang sah.

Dengan banyak manfaat dan tanggung jawab kritis, berinvestasi di pasar modal mungkin tampak seperti pilihan yang menarik. Ayo, mulai berinvestasi sekarang!

Artikel ini telah dimuat di : informasidaerah

Previous Post
Next Post
Related Posts